Kantin Karyawan Bandara Changi Singapura (Hani White)

Pernahkah Anda stop over di Singapore Changi Airport dan berharap bisa makan murah dan enak? Pada Kamis, 1 Maret 2018 saya stop over di Changi Airport sebelum berangkat ke San Francisco. Perjalanan dimulai dari bandara Soekarno-Hatta menuju ke bandara kebanggaan Singapura tersebut. Di bandara Soekarno-Hatta, penerbangan saya tertunda sekitar 30 menit, seharusnya berangkat 11.10 WIB akhirnya  berangkat pukul 11.40 WIB.

Sampai di Singapura sudah sekitar pukul tiga 3 sore. Perut keroncongan dan saya membawa dua koper besar. Supaya tidak merepotkan, saya titip koper di tempat penitipan barang. Karena beratnya lebih dari 10 kg, maka biayanya adalah 12 dolar Singapura. Saya clear immigration dulu, lalu saya naik bus dari terminal 4 ke terminal 2.

Lalu saya mulai mencari makan. Sudah rahasia umum kalau kantin karyawan Changi adalah tempat makan yang murah meriah. Kebetulan pakcik yang menjaga counter penitipan barang berbaik hati memberitahu saya letak kantin karyawan ini yaitu di gedung parkir sebelah terminal dua lantai 3M. Dari tempat penitipan barang cuma diperlukan waktu berjalan selama sekitar 7 menit, lalu naik lift lantai 3M dan dengan mudah kantin karyawan ini dicapai. Tanda petunjuk jalan ke arah kantin karyawan ini pun jelas, jadi tidak akan nyasar.

Di pintu lift terpampang besar-besar kalau kantin karyawan ini terbuka untuk umum dari jam 6 pagi sampai 10 malam. Jenis makanannya pun sangat bervariasi, mulai dari ayam penyet, bakso kuah, hot pot, makanan Jepang dan Korea, makanan vegetarian, nasi lemak dan yang lain-lain. Warungnya pun berlabel mana yang halal dan tidak. Saya memutuskan untuk makan mie dengan bakso ikan dan kuah, ditutup dengan kopi susu yang ternyata rasanya nikmat sekali. Mienya cuma seharga 4 dolar Singapura dan kopi saya cuma 50 sen dolar Singapura.  Alhamdulillah perut kenyang, hati pun senang.

- Hani White (Diaspora Indonesia yang tinggal di Philadelphia, Amerika Serikat)