SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan sebanyak 2.000 buruh di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjalani tes usap massal. 

Dia mengatakan tes tersebut dipusatkan di SMK Mitra Industri MM2100, Jalan Kalimantan Nomor 2 Desa Danau Indah. "Ini bagian dari 12.000 pekerja tahap pertama yang menjalani swab test di minggu dan hari pertama pelaksanaan," ujarnya di Cikarang, Kamis (3/12).

Dia menjelaskan 2.000 buruh tersebut seluruhnya  adalah pekerja di Kawasan Industri MM2100 menyusul tingginya angka penyebaran kasus Covid-19 di lingkungan kawasan industri itu, di antaranya klaster LG, Epson, dan Unilever.

Kegiatan tes usap massal ini diselenggarakan Satgas Covid-19 Pemerintah Pusat bersama Satgas Provinsi Jabar dan Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan tujuan memutus rantai penyebaran virus corona, khususnya di klaster industri.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Masrikoh mengatakan tes usap massal ini terbagi atas dua sesi pelaksanaan. Sesi pertama dimulai pukul 09.00-11.00 WIB dan sesi berikutnya pukul 14.00-17.00 WIB dengan masing-masing 1.000 pekerja tiap sesinya.

"Nanti hasilnya akan kami kirim ke Laboratorium UI di Salemba dan akan keluar dalam empat hari ke depan. Kalau kami hanya kontribusi petugas saja, ada 20 personel kami di lokasi," katanya.

Dia mengatakan 2.000 pekerja itu merupakan bagian dari total 70 perusahaan yang mengajukan diri untuk melakukan tes usap kepada karyawannya secara acak. "Rata-rata satu perusahaan mengirimkan 100 pekerja, ada yang 150 juga. Sistemnya random dengan kriteria kontak erat dengan pasien COVID-19. Selanjutnya kami akan maraton, minggu ini cuma hari ini, minggu depan bisa di lokasi lain, seperti Jababeka, Ejip, dan kantong-kantong zona merah lain," ucapnya.

Dia menyebut tes usap massal ini diprediksi bakal mendongkrak angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Meski demikian, peningkatan kasus ini akan dijadikan landasan gugus tugas dalam menangani klaster industri.

"Jadi jangan kaget kalau nanti angkanya melonjak tinggi, tapi potensi kenaikan kasus ini sudah kami antisipasi dengan penambahan jumlah ruang karantina dan tracing menyeluruh. Hasil dari sini juga akan menjadi pemetaan penanganan klaster industri ini," katanya.
 

Tags
SHARE